Beras Analog : Sebutir Karya Anak Bangsa Untuk Ketahanan Pangan Indonesia

Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk kesekian kalinya berhasil menciptakan inovasi baru untuk kemajuan pertanian Indonesia. Sagu, jagung, dan tepung singkong disulap menjadi beras siap olah atau biasa disebut beras analog. Persis seperti beras dari padi, beras analog juga dapat diolah menjadi nasi kuning, nasi uduk, dan beragam nasi khas nusantara lainnya.

Kebiasaan makan orang Indonesia yang tidak lepas dari beras menjadi salah satu latar belakang dari karya besar ini. Padahal masih banyak sumber karbohidrat yang dapat tumbuh subur di negeri kaya ini.

Penemunya adalah Bapak Slamet  Budijanto, Direktur Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Diharapkan kehadiran beras ini dapat menjadi penyokong pangan Indonesia dan bahkan untuk diekspor ke negara lain.”Beras analog ini memiliki kadar protein delapan persen. Keunggulan di seratnya di atas empat persen. Beras analog ini juga sudah masuk dalam daftar satu dari 103 inovasi nasional dan pada 2011 mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat”. imbuh beliau seperti dilansir okezone.com

selengkapnya : lihat di Repository IPB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: